Pernahkah Anda merasa bahwa perencanaan di tempat anda bekerja tidak berjalan dengan semestinya? Atau belum selesai rencana A tiba-tiba memunculkan rencana B? Dan jika rencana A mengalami kendala kemudian membatalkan rencana A.
Setelah mendapatkan rencana B dan rencana ini tidak berjalan kemudian memilih alternative kembali untuk Rencana C. Tapi ketika diketahui rencana C tidak baik kembali lagi ke Rencana B? Ketika kita berada di posisi tersebut dapatkah Anda memahami bahwa kita sedang mencoba untuk membuat sebuah komitmen dibalik sebuah rencana tersebut. Dan banyak orang yang akan di libatkan dalam setiap rencana kita, tentunya kita tidak ingin membuat mereka mengalami sebuah ketidak jelasan dalam merencanakan sesuatu, apalagi hal tersebut berkaitan dengan tujuan perusahaan.
Perencanaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang optimal hendaknya didiskusikan terlebih dahulu karena rencana kerja menentukan strategi apa yang kita pakai demi kemajuan perusahaan. Ada Banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat membuat perencanaan membuahkan hasil yang optimal seperti:
1. Diskusikan terlebih dahulu kepada semua orang yang terlibat di dalam perencanaan tersebut.
2. Hendaknya setiap keputusan di buat bersama, bukan didasarkan atas pandangan pribadi akan kemajuan perusahaan.
3. Ingatlah selalu bahwa komitmen kita berpengaruh terhadap masalah yang di hadapi, jika kita merubah komitmen berarti merubah situasi yang telah di atur.
4. Jika alternative terakhir adalah merubah rencana sebaiknya memikirkan solusi yang terbaik dari perubahan rencana tersebut dengan menilai sisi keuntungan dan sisi kerugiannya.
5. Perencanaan yang baik adalah dengan mengatur 100 langkah kedepan dengan melihat dari keuntungan dan kerugian yang nanti akan dihadapi.
Semoga nantinya rencana kerja ini dapat berjalan semestinya sesuai dengan visi dan misi bersama dengan tidak mengindahkan komitmen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar